Empek-Empek Palembang /Bangka

Empek-Empek Palembang /Bangka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfdZYTL1rmIOI4pcHGWVx7Z8NXeVZ8IGhVy_I4nC8LibA9pP3SMrw-0L6OSlbVVrg8V1blLPRf9EKQfMWx-2BkeQPR7zF8z_NNR5ILn1ao-FyaqL7KYNwcEqqCoNPshagM1f8T-AwQ1lQ/s72-c/pempek.jpg

Empek-empek Palembang / Bangka
Jenis makanan yang berasal dari daerah jembatan ampera (kota Palembang) ini tidak asing lagi terdengar, disetiap kota di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan lain sebagainya sangat mudah mencari makanan Empek-empek.
Empek empek adalah sejenis makanan kenyal dan empuk, gurih serta lezat, tingkat kekenyalan dan keempukannya tergantung dengan bahan bakunya utamanya adalah sagu, sehingga jika lebih banyak sagu maka akan semangkin kenyal, namun terkadang masyarakat lebih gemar menggunakan singkong rebus disamping rasanya lebih gurih dan empuk.
Campuran ikannya yang membuat rasa empek-empek Palembang sangat digemari  oleh semua kalangan, hal ini berbeda dengan empek-empek Palembang yang terdapat di luar kota Palembang sendiri yang pada umumnya jauh dari daerah pantai sehingga ikan laut yang merupakan bahan utuma pembuatannya juga terkadang sudah tidak segar lagi atau bahkan berbahan baku ikan asin sehingga mengurangi kekhasannya.
Bahan utama pembuatan empek-empek adalah ikan tenggiri, namun dapat juga dibuat dari jenis ikan lainnya seperti tongkol sarden, ikan tamban yakni sejenis ikan sarden yang berukuran lebih kecil namun warna nya agak kehitaman berbeda dengan empek-empek ikan tenggiri selain rasanya yang khas juga berwarna lebih putih.
Diluar jawa pedagang empek-empek menggunakan ikan lele, patin dan lain sebagainya, namun dari segi bentuk, aroma serta rasanya agak berbeda dari empek-empek asli Palembang dengan alasan yang tersebut di atas, empek-empek tersebut cenderung alot, namun dihidangkan dengan berbagai variasi seperti empek-empek telor yang ditengahnya mengandung telor yang lebih dikenal sebagai empek-empek telor atau empek-empek kapal selam yang bentuknya seperti kapal selam, berbeda dengan empek-empek asli Palembang yang berbentuk sayatan-sayatan dari adonan sebelumnya yang berbentuk lonjong.
Adonan empek-empek Palembang yang berbentuk lonjong memanjang ini jika belum siap dipasarkan/dijual, tidak perlu di iris-iris dan di goreng dulu, akan lebih baik disimpan kering atau dalam lemari es. Namun jika tidak menyimpannya di lemari es usahakan tidak lebih dari tiga hari karena akan mengeras.
Namun jika adonan ini terlanjur mengeras atau tidak dapat dipasarkan empek empek dapat dijadikan kerupuk atau kempelang (bahasa Palembang), dengan cara diiris tipis-tipis dan di jemur, jadi tidak khawatir jika adonan yang terlanjur dibuat banyak dan tidak dapat dijual berupa empek-empek murni. 
Empek-empek akan lebih nikmat jika dikonsumsi bersama kuahnya yang berbahan utama kecap, bawang putih serta gula merah.
Makan empek-empek serta menghirup kuahnya benar-benar mak nyusss…!!!    

Artikel Terkait : 
Makanan: Empek-empek Bangka (1) Makanan; Kempelang Bangka (1) Makanan; Keritek Bangka (1) Makanan; Kerupuk Bangka (1) 

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BABEL INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger